4 Strategi Pemasaran Affiliasi Pada Tahun 2020

4 Strategi Pemasaran Affiliasi Pada Tahun 2020

MuslimDigitalPrenenur.com – Pemasaran affiliasi adalah bentuk berwirausaha yang sangat baik karena memiliki biaya overhead yang rendah untuk memulainya dan tidak mengharuskan seseorang untuk memproduksi, menyimpan, atau mengirimkan inventaris produk. Affiliate dibayar untuk merujuk klien dan pelanggan baru ke bisnis, produk, atau layanan.

Untuk menjadi seorang affiliate yang sukses, diperlukan strategi pemasaran afiliasi yang tepat yaitu sebagai berikut :

1. Hanya Rekomendasikan Produk Yang Anda Pahami

Membangun kepercayaan dengan audiens adalah hal yang terpenting dalam pemasaran afiliasi. Dan tahukah Anda bahwa cara tercepat untuk kehilangan kepercayaan audiens adalah dengan merekomendasikan produk yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya atau produk yang tidak cocok dengan audiens Anda.

Pastikan pula Anda tidak pernah memberi tahu siapapun untuk langsung membeli suatu produk karena Anda hanya bertugas untuk merekomendasikan produk tersebut. Semakin banyak Anda membantu audiens dan semakin berkualitas rekomendasi yang Anda berikan, akan semakin besar pula kemungkinan pengunjung situs web untuk kembali karena merasa Anda adalah seorang ahli.

2. Promosikan Produk Dari Banyak Pedagang Berbeda

Ingatlah bahwa Anda tidak boleh menaruh semua telur di dalam satu keranjang. Jika Anda hanya mempromosikan produk dari satu pedagang, Anda akan terjebak dengan komisi yang mereka berikan, landing page mereka, dan pada akhirnya juga tingkat konversi mereka.

Penting untuk Anda bekerja dengan banyak pedagang berbeda di niche (ceruk) pasar Anda dan mempromosikan berbagai jenis produk. Strategi pemasaran afiliasi ini akan mendiversifikasi jumlah komisi yang Anda buat dan menciptakan aliran pendapatan yang stabil saat membangun situs web afiliasi.

3. Terus Melakukan Pengujian & Pengoptimalan Tingkat Konversi

Katakanlah Anda memiliki halaman promosi tempat Anda mempromosikan produk melalui link afiliasi. Jika saat ini Anda memperoleh 5.000 kunjungan perbulan, dengan tingkat konversi sebesar 2%, Anda jadi memiliki 100 referral. Untuk memperoleh 200 referral, Anda harus mendapatkan lebih banyak pengunjung. Jika tidak, Anda harus berusaha untuk meningkatkan tingkat konversi menjadi 4%.

Baca Juga  Inilah 7 Cara Dapatkan Uang Di Facebook Terbaru!

Ketimbang menghabiskan bulan demi bulan untuk membangun otoritas domain dengan blog dan postingan tamu untuk memperoleh lebih banyak traffic organik, Anda hanya perlu meningkatkan tingkat konversi sebesar 2%. Dan ini mencakup pengoptimalan landing page serta strategi optimasi tingkat konversi.

4. Fokuslah Pada Sumber Traffic Afiliasi Anda

Penting untuk mengetahui dari mana traffic Anda berasal dan demografi audiens target Anda. Dua elemen tersebut memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pesan sehingga Anda bisa memberikan rekomendasi produk afiliasi terbaik kepada audiens. Anda tidak boleh hanya berfokus pada di mana lokasi usaha Anda berada, tetapi juga sumber traffic dan audiens yang mengunjungi situs web Anda.

Sumber traffic mencakup organik, berbayar, media sosial, rekomendasi, tampilan, email, atau traffic langsung. Data sumber traffic bisa Anda lihat di Google Analytics untuk melihat seperti waktu di halaman, rasio pentalan, lokasi geografis, usia, jenis kelamin, waktu perangkat, dll. Dengan begitu Anda jadi bisa memfokuskan upaya pada traffic konversi tertinggi dan membuat keputusan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang pemasar afiliasi (affiliate) yang sukses :

  • Jadikan Itu Personal

Ingat bahwa tidak ada kekurangan produk yang bisa Anda promosikan. Anda memiliki kemampuan untuk memilih produk yang Anda yakini secara pribadi. Jadi pastikan kampanye Anda berpusat pada produk yang benar-benar berharga yang akan dinikmati oleh konsumen. Dengan begitu Anda akan mencapai tingkat konversi yang mengesankan sambil secara bersamaan membangun keandalan merek pribadi.

  • Mulai Meninjau Produk & Layanan

Fokuslah untuk meninjau produk dan layanan yang termasuk dalam niche Anda. Kemudian, dengan memanfaatkan hubungan Anda dengan audiens, bersikaplah sebagai seorang ahli dan beritahu pembaca mengapa mereka bisa mendapatkan manfaat atau solusi ketika membeli produk yang Anda promosikan.

Baca Juga  Email Marketing Tidak Penting!

Sadarkah Anda bahwa hampir semua yang dijual secara online bisa ditinjau jika ada program afiliasi, baik itu produk fisik, perangkat lunak digital, atau layanan online. Sangat efektif untuk membandingkan produk ini dengan produk kompetitor yang memiliki kategori sama. Yang terpenting pastikan Anda menghasilkan konten yang rinci dan jelas untuk meningkatkan konversi.

  • Pilih Kampanye Dengan Hati-Hati

Tidak peduli seberapa bagus keterampilan pemasaran, Anda akan menghasilkan lebih sedikit uang untuk produk yang buruk daripada yang Anda miliki untuk produk yang berharga. Jadi luangkan waktu Anda untuk mempelajari permintaan suatu produk sebelum mempromosikannya.

Pastikan untuk meneliti penjual dengan hati-hati sebelum bekerja sama dengan mereka, apalagi jika itu adalah usaha dengan modal yang besar. Luangkan juga waktu Anda untuk mempelajari permintaan produk sebelum mempromosikannya. Pastikan untuk meneliti penjual dengan hati-hati sebelum bekerja sama.

 

Sumber Artikel : https://www.bigcommerce.com/blog/affiliate-marketing/#tips-to-help-you-become-a-successful-affiliate-marketer

Halaman ini dibuat menggunakan Landingpress WordPress Theme

© 2020 Muslim Digital Prenenur