Ternyata Inilah Pentingnya Positioning !

Ternyata Inilah Pentingnya Positioning !

MuslimDigitalPreneur.com – Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Positioning bukan tentang apa yang Anda lakukan terhadap suatu produk, namun tentang apa yang Anda lakukan terhadap persepsi konsumen.

Sehingga dengan demikian konsumen segmen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.

Bagi perusahaan tindakan untuk meneliti atau mengindentifikasi posisi pesaing dan memutuskan untuk mengambil posisi setaraf dengan posisi pesaing atau mencari kesempatan dalam pasar. Jika posisi perusahaan itu sendiri dekat dengan pesaing lainnya, perusahaan itu harus menyeleksi dan kemudian mencari perbedaan lebih lanjut melalui perbedaan-perbedaan tersendiri.

Positioning Anda dianggap baik apabila produk tersebut lebih mudah diingat di benak konsumen daripada produk lain yang sejenis. Berikut ini adalah beberapa aspek dalam positioning produk yang perlu Anda perhatikan untuk memenangkan persaingan bisnis.

1. Atribut Produk

Positioning berdasarkan atribut adalah memposisikan produk dengan memperhatikan atribut atau sifat, misalnya simbol, lambang, ukuran, warna, keberadaan, dan sebagainya. Positioning berdasarkan atribut berkaitan dengan nilai personal yang melekat di benak pelanggan. Sirup marjan adalah salah satu contoh sukses dalam memanfaatkan atribut produk. Bulan ramadhan dipilih sebagai pencitraan produk yang berhasil melekat di benak konsumen.

2. Manfaat Produk

Sebuah produk tentu diciptakan dengan kegunaan tertentu. Beberapa produk sejenis biasanya memiliki fungsi yang sama. Misalnya produk obat sakit kepala merek Jos mengklaim dapat menyembuhkan sakit kepala dengan lebih cepat dan aman. Sedangkan merek Oye juga mengklaim hal yang sama, namun dengan menambahkan manfaat lainnya. Secara sekilas, merek Oye akan dianggap memiliki manfaat lebih banyak daripada merek Jos, padahal keduanya memiliki kandungan yang serupa.

Baca Juga  6 Tips Memilih Bisnis Apa Yang Cocok Buat Kamu... Iya Kamu !!!

3. Harga dengan Kualitas Terbaik

Positioning harga tidak selalu tentang siapa yang lebih murah, tapi juga harga yang reasonable sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan. Produk dengan harga yang lebih murah dan memiliki kualitas lebih baik daripada produk pesaing akan membuat produk tersebut lebih melekat di benak konsumen.

4. Berdasarkan Pemakai

Strategi ini biasanya membutuhkan brand ambassador atau model untuk mewakili iklan perusahaan. Misalnya, produk minuman berenergi yang menggunakan para atlet di iklannya, produk kecantikan yang menggunakan para artis, dan sebagainya. Setiap tokoh iklan yang dipilih biasanya memiliki kekuatan tersendiri untuk mengangkat citra produk tersebut.

5. Berdasarkan Pesaing

Strategi ini membuat produk Anda memposisikan diri sebagai yang lebih baik daripada produk pesaing utama. Misalnya bisa Anda lihat pada persaingan antara dua raksasa bisnis smartphone yakni Apple dan Samsung. Samsung seringkali mengeluarkan iklan-iklan kontroversional yang secara gamblang menyindir produk terbaru dari Apple. Begitu pula Apple yang pernah menyindir smartphone bersistem operasi android, hanya saja secara umum. Hal-hal seperti ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa produk pesaing tidak lebih baik dari produk buatannya sendiri.

6. Kategori Produk

Strategi ini berusaha menempatkan suatu produk sebagai market leader dalam suatu kategori produk tertentu. Biasanya model bisnis yang menggunakan strategi ini hanya fokus pada satu merek walaupun sebenarnya memiliki beberapa merek lainnya. Misalnya Indofood yang lebih fokus mengembangkan merek Indomie. Kenyataannya, Indofood juga memiliki beberapa merek mie lainnya seperti Supermie, Sarimi, Sakura, dan masih banyak lagi.

Dengan dominasi dan kapitalisasi pasar yang sangat besar, tidak mengherankan jika banyak dari kita yang secara otomatis memikirkan merek Indomie ketika berbicara mengenai mie instan.

Baca Juga  7 Tips Agar Caption Instagram Menarik Perhatian Follower

Demikian pembahasan mengenai 6 aspek strategi positioning produk untuk memenangkan persaingan bisnis.

 

Silahkan KLIK tombol SHARE di bawah ini, Jika Artikel ini Bermanfaat.

 

Sumber : https://www.xendit.co/

Halaman ini dibuat menggunakanย Landingpress WordPress Theme

ยฉ 2020 Muslim Digital Prenenur