7 Alasan Menjadi Seorang Affiliate Marketing Adalah Profesi Yang Menguntungkan

7 Alasan Menjadi Seorang Affiliate Marketing Adalah Profesi Yang Menguntungkan

MuslimDigitalPreneur.com – Apakah Anda sedang memikirkan bagaimana caranya untuk memperoleh pendapatan pasif? Atau mungkin Anda sedang mencari pekerjaan yang bisa Anda lakukan secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja? Jika itu yang sedang Anda rasakan, salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang affiliate.

Affiliate Marketing adalah metode cepat dan murah untuk menghasilkan uang tanpa harus benar-benar menjual produk. Affiliate Marketing memiliki daya tarik tersendiri yang tidak bisa disangkal oleh mereka yang ingin mendapatkan penghasilan secara online. Bergantung pada jenis program yang diikuti, kontribusi afiliasi pun diukur secara berbeda.

Penghasilan yang diperoleh oleh affiliate bisa dibayarkan per penjualan, dibayarkan per prospek, atau dibayarkan per sekali klik. Berikut adalah masing-masing perbedaannya :

  • Pembayaran Per Penjualan

Dalam program ini, pedagang membayar affiliate dari persentase harga jual produk setelah konsumen membeli produk tersebut. Jadi affiliate harus benar-benar membuat investor berinvestasi dalam produk sebelum mereka diberi kompensasi.

  • Pembayaran Per Prospek

Affiliate harus membujuk konsumen untuk mengunjungi situs web pedagang dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan seperti mengisi formulir kontak, mendaftar untuk uji coba produk, berlangganan buletin, atau mengunduh file tertentu.

  • Pembayaran Per Klik

Program ini berfokus pada pemberian insentif kepada afiliasi untuk mengarahkan konsumen dari platform pemasaran mereka ke situs web merchant. Ini berarti affiliate dibayar berdasarkan peningkatan traffic situs web.

Mengapa menjadi pemasar afiliasi (affiliate) akan menjadi sebuah profesi yang menguntungkan untuk Anda? Berikut adalah jawabannya.

1. Penghasilan Pasif

Sementara pekerjaan formal kantoran mengharuskan Anda bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore untuk menghasilkan gaji yang Anda terima di akhir bulan, pemasaran afiliasi menawarkan Anda peluang untuk menghasilkan pundi-pundi uang bahkan saat Anda sedang terlelap tidur di kasur kesayangan Anda.

Baca Juga  5 Komponen Dalam Strategi Pemasaran AIDAS

Dengan menginvestasikan sejumlah waktu awal ke dalam kampanye, Anda akan melihat pengembalian berkelanjutan karena konsumen melakukan pembelian produk selama beberapa hari, minggu, atau bulan. Dan Anda menerima sejumlah penghasilan setelah Anda menyelesaikan kampanye. Jadi uang terus mengalir ke rekening Anda bahkan ketika Anda tidak berada di depan komputer.

2. Tidak Perlu Menyediakan Dukungan Pelanggan

Penjual individu dan perusahaan yang menawarkan produk atau layanan harus berurusan dengan konsumen mereka dan memastikan konsumen puas dengan apa yang telah mereka beli. Tetapi dengan adanya struktur pemasaran afiliasi, Anda tidak perlu khawatir dengan dukungan atau kepuasan pelanggan.

Seluruh pekerjaan pemasar afiliasi adalah untuk menghubungkan antara penjual dengan konsumen. Penjual berurusan dengan keluhan konsumen setelah Anda menerima komisi penjualan. Oleh karena itu Anda tidak perlu menyediakan dukungan pelanggan sendiri atau mempekerjakan seorang CRM.

3. Bisa Bekerja Dari Rumah

Jika Anda termasuk golongan yang benci bermacet-macetan ria setiap pergi ke kantor, pemasaran afiliasi adalah solusi yang tepat untuk Anda. Ini karena Anda bisa meluncurkan kampanye dan menerima pendapatan dari produk yang dibuat oleh penjual saat bekerja dari rumah atau cafe favorit Anda. Dan Anda bisa bekerja sambil memakai piyama tidur.

4. Pekerjaan Yang Hemat Biaya

Sebagian besar bisnis memerlukan biaya awal serta arus kas yang lancar untuk membiayai produk yang dijual. Tapi pemasaran afiliasi bisa dilakukan dengan biaya rendah yang berarti bahwa Anda bisa memulai bisnis ini dengan cepat dan tanpa banyak alasan atau kesulitan. Tidak ada biaya program afiliasi yang perlu Anda khawatirkan dan Anda tidak perlu berlelah-lelah dalam menciptakan ide produk atau produk itu sendiri.

Baca Juga  Ternyata Inilah Pentingnya Positioning !

5. Pekerjaan Yang Nyaman & Fleksibel

Setelah Anda menjadi seorang pekerja lepas (freelancer), Anda akan memperoleh kemandirian dalam menetapkan tujuan Anda sendiri, mengarahkan ulang jalur Anda ketika Anda menginginkannya, memilih produk yang menarik bagi Anda, dan menentukan jam kerja atau lokasi kerja Anda sendiri.

Kemudahan ini berarti Anda bisa mendiversifikasi portofolio jika Anda menyukainya atau hanya berfokus pada kampanye pemasaran yang sederhana dan langsung. Anda juga akan terbebas dari batasan dan peraturan perusahaan serta tim yang memiliki kinerja buruk.

6. Imbalan Berbasis Kinerja

Pekerjaan lainnya mungkin mengharuskan Anda untuk bekerja selama 80 jam dalam 1 minggu untuk mendapatkan gaji yang sama. Sedangkan penghasilan yang Anda peroleh dari menjadi seorang pemasar afiliasi (affiliate) murni diperoleh berdasarkan kepada hasil kinerja Anda. Ketika Anda mampu mengasah keterampilan dan menuliskan kampanye yang menarik, Anda akan memperoleh pendapatan yang lebih besar.

7. Jangan Pernah Meremehkan Kekuatan SEO

Ada banyak sekali traffic organik yang bisa Anda peroleh dari mesin pencari jika Anda menggunakan SEO dengan benar. Mulai hari ini dan hari-hari berikutnya, Anda harus bisa membuat situs web Anda lebih ramah pengunjung. Karena orang secara alami akan mencari informasi secara online. Itu sebabnya Anda harus mempelajari dasar-dasar SEO on-page, riset kata kunci, dan juga pembuatan link untuk menduduki peringkat pertama.

 

Sumber : https://www.bigcommerce.com/blog/affiliate-marketing/#why-be-an-affiliate-marketer