5 Komponen Dalam Strategi Pemasaran AIDAS

5 Komponen Dalam Strategi Pemasaran AIDAS

MuslimDigitalPrenenur.com – 5 Komponen dalam strategi pemasaran yang harus kita ketahui untuk memaksimalkan target penjualan produk ataupun bisnis Anda. AIDAS merupakan singkatan dari attention (perhatian), interest (tertarik), desire (keinginan), action (tindakan), dan satisfaction (kepuasan).

AIDAS merupakan salah satu konsep strategi pemasaran yang bisa diimplementasikan dalam dunia bisnis yang bertujuan untuk memberi kepuasan pada konsumen dan memberi keuntungan pada perusahaan. Konsep ini berlaku untuk setiap kegiatan bisnis yang dapat menarik hati konsumen.

Konsep AIDA+S terdiri atas lima komponen yaitu sebagai berikut :

1. Attention (Perhatian)

Tahap dimana penjual harus memperhatikan penawaran yang dilakukan calon pembeli dengan memperhatikan sikap, tindak tanduk, bahasa, cara berbicara, dan cara berpakaian calon pembeli. Kesan pertama yang baik akan berpengaruh positif pada terjadinya penjualan.

Contoh: Ketika sedang menonton televisi tanpa sengaja melihat iklan produk baru Handphone merk A yang menayangkan iklannya dengan sangat menarik. Didalam iklannya menayangkan kelebihan dari handphone tersebut yaitu selfie expert, yang membuat wajah menjadi cantik saat difoto. Ditambah lagi didukung oleh model artis terkenal yang membuat orang menarik melihat iklan tersebut.

2. Interest (Minat)

Tahap dimana penjual harus dapat mengubah perhatiaon calon pembeli menjadi minat yang semakin kuat dengan cara menciptakan suasana yang menyenangkan, menanamkan kepercayaan kepada calon pembeli agar merasa dirinya seperti orang penting, memberikan jalan untuk mempermudahkan pembeli membuat keputusan serta melakukan pendekatan kepada calon pembeli.

Contoh : Keesokkannya ketika pergi ke mall, ada banyak SPG handphone merk A menghampiri dengan sangat sopan, lalu memberikan brosur handphone tersebut. Tak lupa para SPG tersebut berusaha dengan penuh semangat memberi informasi tentang hanphone merk A tersebut baik kualitasnya maupun kelebihannya dengan membandingkan handphone merk lain yg sudah ada. Bertujuan agar si konsumen mau melihat dan masuk kedalam toko handphone tersebut sehingga nanti diharapkan timbul kecocokan dan ketertarikan.

Baca Juga  5 Cara Menemukan Program Affiliate Marketing Yang Menguntungkan Untuk Anda di Tahun 2020

3. Desire (Keinginan)

Tahap dimana penjual harus dapat meyakinkan pembeli untuk mengambil keputusan untuk membeli atau tidak. Karena kebiasaan calon pembeli dalam mengambil keputusan tidaklah sama, hal ini disebabkan faktor pendapatan, jenis kelamin, status sosial, pendidikan dan lain-lain. Oleh sebab itu pada tahap ini penjual harus dapat meyakinkan pembeli dengan menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan calon pembeli bila membeli barang serta kerugian yang dialami bila tidak membeli.

Contoh : Saat akan masuk ketoko handphone merk A tertulis jelas “beli handphone merk A gratis kartu dan kuota internet 1 tahun +memory eksternal+case” Hal ini yang membuat konsumen ingin sekali untuk membeli handphone merk A tersebut

4. Action (Tindakan)

Tahap dimana penjual meyakinkan penjual bahwa keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan adalah keputusan yang tepat.

Contoh : Saat didalam toko, konsumen menanyakan pada sipenjual spesifikasi serta harga dan bonus yg terdapat dalam handphone tersebut, lalu sipenjual menjelaskan semuanya seperti harganya dapat terjangkau oleh kalangan menengah maupun atas, kamera depannya yang memiliki ukuran 16Mp, dan masih banyak lagi keunggulan yang tidak dimiliki dihandphone lain. Akhirnya setelah mendengarkan penjelasan tersebut, si konsumen memutuskan untuk membeli produk handphone merk A tersebut.

5. Satifaction (Kepuasan)

Tahap dimana penjual dapat memastikan bahwa kulitas produk yang ditawarkan sesuai dengan yang dijelaskan. Yakinkan pembeli menjadi puas, arahkan dan bimbingkan serta beri petunjuk sehingga pembeli menjadi pelanggan kita.

Contoh : Penjual memberi arahan cara memakai hanphone tersebut, dan memasangkan semua peralatan dari handphone merk A. Ditambah lagi si penjual menawarkan install game, aplikasi,dan music secara gratis agar konsumen makin merasa senang belanja di toko tersebut. Dan sipenjual juga membuka jasa servis gratis untuk yang beli handphone di tempatnya tersebut selama dua tahun.

Baca Juga  4 Strategi Pemasaran Affiliasi Pada Tahun 2020

Sumber : https://brainly.co.id/tugas/16605761

Halaman ini dibuat menggunakanย Landingpress WordPress Theme

ยฉ 2020 Muslim Digital Prenenur